Sabtu, 16 Juni 2012


Orang Memilih Pasangan Seperti Dirinya

Astaga!HidupGaya - Orang cenderung memilih pasangan yang mirip dirinya sendiri. Kesimpulan ini ditarik dari studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Cornell University. Mereka menanyai 978 responden, apa saja yang mereka lihat pada seseorang untuk dijadikan pasangan. Lalu mereka diminta untuk menggambarkan diri sendiri.

Para peneliti yang dipimpin oleh Peter M Buston mendapatkan hasil bahwa dalam mencari pasangan tetap, seseorang akan berpegang pada persepsi terhadap diri sendiri.

Responden yang berasal dari Ithaca, New York, tersebut diminta untuk memberikan rating pada ciri-ciri orang yang akan mereka jadikan pasangan tetap. Rating berkisar antara satu sampai sembilan.

Kualifikasi mencakup kondisi keuangan, ciri-ciri fisik, kesetiaan, kualitas orangtua, status social, kesehatan, pengabdian, ambisi, ikatan kekeluargaan, dan keinginan mempunyai anak.

Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang menilai dirinya dengan angka tinggi cenderung lebih banyak maunya dan amat selektif. Ada yang cenderung untuk tertarik pada orang yang sama sekali berbeda dan ada pula yang mengutamakan sayang anak pada pasangannya.

Namun hasil keseluruhan menunjukkan bahwa factor terbesar yang dijadikan dasar pernikahan adalah stabilitas dan kemiripan dalam kepribadian.

“Dari perspektif publik, hasil penelitian kami menunjukkan bahwa jika mencari pasangan tetap sebaiknya seseorang tidak terlalu menetapkan standar yang terlalu tinggi, namun cukup yang mirip dengan mereka,” kata Peter.

0 komentar:

Posting Komentar