Selasa, 12 Juni 2012

Norest sangat ingin belajar bahasa inggris, setelah ia belajar dengan Gile' akhirnya ia pandai berbahasa inggriss, saking hebatnya nama-nama tempat ditana toraja ia translate in ENGLISH>>> ini hasilnya :

-- rantepao = manngo field, La'bo' == swords, Makale === morning city, Mebali === answer, 
Gandang Batu == Drum stone, batu rondonn === break stones,, Pangngala' == Jungle,,
lo'ko' mata == cave eye, Rinding Allo == the wall day,, batu sura' == writtened stone,, Madandan == queue,,, Tampak Allo == days end,, Rante lemo == lemon's field,, 
salu barani == Courage River,,, Pana' == Chilli,, Padang Alla' == printed land, 
Se'pon == Edge, Lemo == Citruss,, Ulu wai == head water === salu Putti = white River,, 




Emi pergi ke pasar bolu membeli burung ' disana dia melihat 3 burung dengan harga yang berbeda yakni 200 ribu, 500 ribu dan 2 juta, karena heran dengan harga yang berbeda, emi lalu bertanya mengapa bisa demikian 
penjual burung : ohh kalo burung beo yang 1 ini bisa bahasa Toraja dengan logat Toraja Utara : dengar ya;;;;; hai burungg bicara dongg
burung 1 : o pia bikin apa bang komu ka toda' na lama bang mi tidak kulihat komii
panjual : nah kalau burung kedua, bisa logat Toraja Utara dan Selatan dengar ya ;;;
Burung 2 : o so' ondokule mapa'dik gaja te ajeku (kakiku sakit sekali ; versi Toraja selatan}
o pia masaki liu te lentekku dikka' na (kakiku sakit sekali versi Torajua Utara)
Emi : "wah hebattt burung bapak, kalau yang 2 juta ini pasti bisa bahasa inggris ya?"
Penjual : wah burung 2 Juta itu tidak bisa bicara lai' gak pernah bicara
Emi : kok mahal amat harganya ???
Penjual : ohh, itu karena kedua burung yang bisa bicara ini memanggilnya "" PUANG""
(puang adalah istilah untuk bangsawan di Toraja Bagian Selatan/ Tallu Lembangna)


Fredi masuk ke rumah dan melihat botol anggur, tanpa pikir panjang fredi meminum isi botol itu tetapi ternyata isinya adalah Kecap. karena bahasa Indonesianya masih error, ia lalu mengatakan : "" Kenapa satu penglihatan dua perasaaan""


Keesokan harinya ia naik bus ke tOraja dari MaKASSAR, disampingnya berdiri seorang kakek. pada saat di enrekang, sang kakek capek lalu memanggil fredi
Kakek : " Nak Tukaran ya (maksudnya, dia duduk dan fredi berdiri)---tukaran dalam bahasa 
Toraja berarti Jalan menanjak....
Freddyy : cocok mi Tukaran te, dako' to soloran omo... (ia pak ini memang tanjakan, sebentar lagi jalanan menurun) ....
kakek : "']p[owf['inw'rqw


Pak David seorang politisi dan berkampanye di Sa'dan untuk dapat menjadi bupati Toraja Utara, ia lalu mulai berkampanye ..
David : kalau saya jadi bupati, saya akan buat pabrik TEKTIL disini...
Niko : (berbisik kepada david),, Pak kurang "S'" nya pak
David : Oh ia saya lupa, saya juga akan buat pabrik ES disini
Niko : ''''' ondokule, tabe' ki ia.....


pada tanggal 17 Agustus maru' membaca Teks Proklamasi
Maru' : Proklamasi............stststst.... atas nama bangsa Indonesia Sukarno.
asisten maaru '' : (berbisik) Pak Hatta juga pak,, bapak lupa.
Maru'' : o io le' " Hatta Duka pa!!!!!!!!


Sri baru saja KKN di Sangalla' ia bertugas mengajar di SDN 2008 Sangalla'. disana ada Nensi murid yang suka sekali bolos pelajaran hanya untuk melihat tedong silaga.
Sri : nensi berapa 7 X 3 ???
Nensi : tae' ku tandaii.... (tidak kutahu)
Sri : ya mo to ke male bangko tiro Pesta, te' bangmi apa mutanda.... melada' meloko io banua
leka.. ( makanya jangan ke pesta truss, kamu blajar dirumah ya...)
akhirnya demi pesta, Nensi terus belajar perkalian, minggu itu ada penerimaan tamu di kampungnya dan tentu saja ada tedong silaga, iapun bolos sekolah untuk itu, tapi ia selalu belajar setelah pulang pesta, akhirnya ia masuk sekolah lagi dan kembali bertemu SrI
Sri : maleomoko tiro tedong silaga le?? kalau begitu saya mau tanya,, 1 X 1 ?
Nensi : gampang bu, 1,
Sri : 2X2 ??
Nensi : 4 dong
Sri : 7 X 3 ?
Nensi : gampang liu to.... pasti 21...
sri heran, ternyata nensi benar-benar belajar walaupun tetap ke pesta.... lalu ia membalik pertanyaannya yang tadi untuk menguji kecerdasan Nensi :
SRI : kalau begitu berapa 3 X 7 ....
Nensiii : na mui mu puta' umba susi pasti kutandai ( biar diputar gimana, saya tetap tau)
kan 7 X 3 = 21
kalau dibalik 3 X 7 pasti jawabannya juga terbalik, jadi 12....
SRI :....CXCXGFDYFD



Dalam sebuah Festival seni, para mahasiswa diwajibkan membawakan lagu Toraja, tibalah giliran sampe untuk bernyanyi, sampe dikenal sebagai pecinta aliran rock dan punkk berat....
sampe : baiklah saya berdiri bersama Band saya disini, ada andi pada bass, vindy pada gitar, 
riela pada kibor, jefri pada drum... dan penonton pada larii.. kami bukan " Peterpan" . 
hehehe, baiklah kami ber 5 disini akan membawakan lagu " SEPULTURA"
Dosen : heh, saya tau kamu penggemar rock, tapi bukan saatnya dinyanyikan di festival lagu
Toraja...
Sampe : lah memang salah saya apa pak?? kan SEPULTURA itu artinya 
" sepuluh lagu Toraja utara"
mari pak kita samakan suara dan kita nyanyi bareng, lagu pertama TOMEPARE
dosen : baiklah, mulai musiknya,,,,, kita bagi suara ya, kamu suara 1, saya suara 2, 
tapi saya tunggu di lagu berikutnya hahahahahaha.......



Alli dan Lembang sangat lapar
Alli : Eh makan yuk, lapar nih
Lembang : makan di K _eF _C AJA aku telpon... sambil nelponK_eF _C
KFC : hallo kFc selamat malam..delivery service 24 jam .. ada yang bisa dibantu
Lembang : ada ayam mbak???
KFC : ada mas, mau yang mana , paha, dada, atau tulangnya??
Lembang : tolong dipanggil ya,, boleh bicara sama ayam kan mbak? si Alii kangen nihhhh

0 komentar:

Poskan Komentar